Home > Nyampah > Sulit dan rumit

Sulit dan rumit

Yang seharusnya saya tulis itu tesis, tapi seperti penerjemahan, tesis itu sulit dan rumit, jadi nanti saja garap tesisnya. Sebetulnya sebelum kuliah S2 ini saya sudah bekerja di Bank dengan bonus tahunan 6x gaji, namun membosankan maka saya buang. Akan tetapi, ketika berhadapan dengan tesis ini, muncul kerinduan untuk tidak kuliah, lebih baik kerja saja! Pokoknya asal tidak tesis.

Selain faktor malas yang menggurita, kesulitan dan kerumitan tesis bukan sekedar pengetikkannya, saya punya laptop dan koneksi internet yang mumpuni. Banyak aspek, bisa jadi si Profesor sulit ditemui, saking sibuknya seminar untuk mempertahankan eksistensinya. Bisa juga si pembimbing pelupa, sudah janjian dengan saya tapi ada janji lain yang lebih menjanjikan (duit). Dan masih banyak lagi penyebab sulit dan rumitnya.

“Tesis hanya akan selesai jika diketik, pokoknya ngetik”. Itulah nasihat dari Profesor pragmatik, yang saya jadikan motivasi. Sampai-sampai karena bingung apa yang akan diketik, halaman persembahan dan kata pengantar terlebih dahulu saya selesaikan, dan segera menyusul daftar isi. Konyol memang, tapi memang tesis itu menggalaukan. Sekedar tambahan, saya punya dua dosen pragmatik dan dua-duanya orang yang menyenangkan. Ilmu pragmatik mereka amalkan sepenuh hati.

Setelah dua kali penolakan, saya pun teringat proses pembuatan skripsi dulu yang sama sekali tanpa hambatan. Seharusnya dulu itu saya adakan syukuran besar-besaran. Dahulu, bab 1 belum dibaca sudah diminta bab 2, begitu seterusnya dan tanpa penolakan. Kalaupun kuliah S1 dulu itu lama,  satu-satunya penyebab ialah kuliah pagi! Penolakan itu rasanya kayak jamu pahit salah penelitian, tidak berkhasiat.

(bersambung…

Categories: Nyampah Tags: ,
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

