Home > Nyampah > Jangan berhenti merokok

Jangan berhenti merokok

Berhenti merokok, tindakan ini saya lakukan berdasarkan banyak artikel di internet, betapa lemahnya sperma seorang perokok. Saran ini juga diberikan oleh kakak saya yang sudah pengalaman menghasilkan tiga anak. Sebelumnya, hanya Gusti Allah yang mampu meredakan jumlah rokok yang saya hisap, yaitu puasa wajib. Selain puasa tidak ada yang mampu menghentikan saya merokok. Sakit pun saya masih mampu merokok. Sekotak rokok isi 16 dengan mudah dapat saya habiskan dalam waktu sehari, bahkan jika kondisi fit setengah hari juga mampu. Sulit sekali berhenti merokok, sempat dulu berhenti merokok sebentar itupun setelah rawat inap di panti rapih. Demi program kehamilan saya lakukan, meskipun efek samping dari berhenti merokok juga banyak.

Berhenti merokok jangan dikira tanpa efek, banyak efeknya. Seringkali di berbagai artikel menyebutkan seorang narasumber mengungkapkan bagaimana enaknya berhenti merokok, bisa jadi saya belum sampai pada tahap itu. Badan menjadi ringkih, efek awal yang saya rasakan ketika tidak merokok. Begitu kehujanan langsung masuk angin dan badan greges. Walaupun tanpa penelitian ilmiah, saya yakin ini gejala awal berhenti merokok. Pusing mendadak tanpa sebab juga sering terjadi. Badan menjadi lemas dan gampang pegal.

Kesulitan mengerjakan tugas kuliah dan tesis tanpa rokok, ini terasa sekali efeknya. Buktinya, tesis saya belum jadi-jadi. Bukan karena saya malas atau pun bodoh. Ini pasti gara-gara saya tidak merokok, hehehe! Begitu pun tugas kuliah, menjadi lebih sederhana dan ringkas, sulit bertele-tele. Saya pun sampai harus membiasakan mengetik tanpa rokok. Termasuk blog ini, yang saya tunggangi untuk membiasakan diri mengetik tanpa merokok. Kategorinya pun ‘nyampah’.

Saya suka membaca buku sambil merokok, lebih cepat selesainya. Gara-gara tidak merokok, novel the witch of portobello yang saya beli sebulan yang lalu belum selesai saya baca. Tanpa rokok, daya konsentrasi saya berkurang drastis. Percayalah.

Berhenti merokok membuat saya jadi jelek. Lidah menjadi masam sehingga keinginan makan kuat sekali. Berat badan saya naik sekitar 10 kg dalam waktu singkat karena tidak mampu mengendalikan nafsu makan. Ini pasti gara-gara rokok, bukan karena hidup saya menjadi lebih teratur setelah menikah. Metabolisme tubuh saya kacau tanpa rokok. Kalau tidak percaya berhenti saja merokok.

Saya pengen punya anak, makanya berhenti merokok, biar sperma saya sehat. Jangan-jangan jika dihadiahi anak oleh Gusti Allah saya lanjut lagi. Semoga tidak! Lebih baik lagi, tidak perlu alasan buat berhenti merokok. Kalau ditanya “Kenapa kamu berhenti merokok?” Jawab saja, “Pokoknya berhenti saja titik!”

 

 

  1. TmT
    8 March 2013 at 09:37

    kenapa berhenti merokok? karena saya tidak mau sesuatu yang buruk menjadi penyebab saya untuk berhenti merokok

  2. komarudin
    12 March 2013 at 22:22

    Hal tsb diatas hampir smuanya sy rasakan…believe it or not???

  3. imankz
    8 July 2013 at 22:24

    kenapa saya berhenti merokok?? karena saya tidak ingin
    mati hanya karena rokok…

  4. 1 July 2015 at 14:10

    Saya ingin berhenti merokok karena ingin dicintai Allah

  5. Eddy ST
    30 July 2015 at 15:29

    saya sudah 4 bulan berhenti merokok, badan tidak langsung menjadi sehat tapi makin sakit… sakit karna tubuh sedang melakukan detok / perbaikan di dalam. itu semua hanya sementara… SEHAT ITU MAHAL Bro….
    kenapa berhenti merokok????…. karena saya menyayangi anak2 saya…. dan ingin tetap sehat.

    • Aris
      15 May 2016 at 16:16

      Sy jg br 4 bulan. Ya, sy jg rs itu…
      Bahkan sampai hrs mkn obt penenang.

  6. heri
    16 November 2016 at 15:14

    Terimakasih buat info berhenti merokoknya min, sangat membantu.

    http://www.VillaGreenJogja.com

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

