Home > Malika > Pemberian nama

Pemberian nama

Yang seru dari kelahiran Malika ialah pemberian namanya. Sebelum tahu jenis kelaminnya, saya menyiapkan dua nama, cewek dan cowok. Awalnya, kalau cowok hendak saya beri nama ‘Izrail’. Namun, ada buku yang mengatakan jangan memberi nama malaikat, karena sudah beda makhluk. Konon menurut pelajaran agama waktu SD ialah nama malaikat pencabut nyawa. Setelah mencari informasi, di Al-Quran tidak pernah sekalipun menyebut nama Izrail, entah siapa yang menamainya. Malaikat pencabut nyawa disebut malaikat maut. Kalaupun iya, tidak serta merta pula ia bakal menjadi malaikat pencabut nyawa. Lagipula, filosofi dari cerita malaikat ini ialah kepatuhan. Konon, setelah mencabut nyawa semua makhluk hidup, ia mencabut nyawanya sendiri. Mencabut nyawa sendiri simbol kepatuhan. Sudahlah, toh hasil USG perempuan. Selain nama Izrail, saya menyiapkan nama Almer untuk persiapan jika laki-laki. Mengapa Almer? Karena indah menurut saya.

Nama Malika saya temukan di kaskus. Ada yang buat thread tentang nama anaknya disertai maknanya. Ada yang menambah dengan potonya pula. Begitu lihat nama Malika, saya dan istri langsung suka. Nama yang indah. Maknanya? Belum tahu. Setelah itu baru cari info di internet. Menurut bahasa sansekerta konon artinya bunga. Menurut bahasa Hungaria, konon artinya rajin. Ada yang menyebut artinya putri juga. Konon memang, karena info di internet validasinya belum di uji. Artinya baik-baik, tidak bermakna negatif. Tapi sebetulnya saya tidak urusan dengan permaknaan yang ribet. Bagi saya cukup keindahan nama Malika. Apalagi dengan nama Allah ‘maliki’ yang artinya raja. Kecuali dengan penanda Al. Itu yang menunjukkan kekhususan, contoh Al Maliki, Al Latif dll. Kalau Malika saja, saya rasa tidak. Kalau laki-laki biasanya dengan menambahi abdul.

Lituhayu diambil dari bahasa Jawa.  Jauh hari sebelumnya istri memang berniat untuk memberikan nama jawa. Sudah saya cek di kamus bahasa Jawa, artinya cantik. Kepanjangan dari ayu. Unik, saya setuju.

Selain Malika, saya menyiapkan nama Ayem. Apa yang lebih nyaman dari hati yang ayem? Tidak ada. Namun, semua menentang nama ini. Bapak ibuk, mertua, kakak, ipar, dll; tidak setuju. Istri saya bahkan sampai nangis magep-magep untuk menolak nama ini. Biasanya saya kalau dilarang semakin nekat. Tapi kali ini tidak, saya ikuti saran mereka. Nama Ayem saya simpan di hati :p.

Nama sudah dapat Malika Lituhayu. Saya ingin namanya terdiri dari 3 kata. Perlu ditambahi tengahnya. Tidak ketemu yang pas di hati. Saya pun minta saran ke keluarga untuk mengusulkan satu nama, dengan syarat kalau tidak dipakai tidak apa-apa, hehehe.

Bapak usul radiya dan husna. Arti keduanya bagus, tapi kurang sreg. Artinya semoga diridhoi. Yang Husna saya lupa artinya.

Ibuk usul Bilqis dan Qurotta a’yun. Nama ratu nabi Sulaiman dan penyejuk hati.

Kakak perempuan saya yang pertama usul Sarah. Saya suka. Hanya saja bagusnya jadi nama utama. Mungkin bisa jadi pertimbangan bila diberi rezeki anak lagi.

Kakak perempuan yang kedua usul layyin. Artinya lembut. Nama ini saya bingung apakah nama perempuan atau laki-laki. Jangan-jangan  kalau perempuan jadi layinah atau bentuk lain.

Adik ipar usul Aqila dan Agustina. Nama Agustina tidak saya pertimbangkan :p.

Hasil lobi ibuk selama di rumah sakit terplihlah nama Bilqis. Kata ibuk, ratu ini selalu mengedepankan musyawarah dll.

Ketika aqiqah resmi diberi nama “Malika Bilqis Lituhayu”. Mudahan menjadi putri yang sholehah dan penyejuk hati.

Robbanaa hablanaa min azwajinaa wa dzurriyaatinaa qurrota a’yun waj’alnaa lil muttaqiina imaama (QS Al Furqan 74)

  1. 23 August 2013 at 14:37

    Proses pemilihan namanya lumayan mbulet, ya. Sekarang saya juga lagi mikir-mikir nama untuk calon anak saya.

  2. 24 August 2013 at 04:47

    bukan mbulet, tapi bagian seru dari kelahiran anak, hehe

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s