Home > Malika > Puput sudah

Puput sudah

Yang ditunggu akhirnya puput juga. Tali pusar Malika puput.

Ketika pulang dari RS, bidan memberitahu berbagai pesan untuk merawat Malika. Termasuk mengenai penanganan tali pusarnya. Menurut bidan, karena perempuan kemungkinan puputnya lebih cepat, yaitu 6 hari. Namun sampai hari ke-6 belum puput juga. Ibuk dan kedua kakak perempuan saya sempat sms menanyakan mengenai tali pusar. “Kok belum puput2 ya? Bunyi sms mereka.

Pun, penanganan tali pusar mengalami perubahan. Dahulu jaman ibuk saya, tali puser harus ditutup rapat dengan kasa diberi alkohol. Sekarang, dibiarkan terbuka biar cepat puput.  Dulu, dibasahi pas mandi biar cepet puput. Sekarang, jangan direndam air nanti lama puputnya.

Kalau coro ndeso, lamanya ini disebabkan pola makan si ibu yang salah. Istri saya sempat dilarang makan makanan yang bergizi seperti ikan, ayam, telur, dll. Hanya sayur dan nasi. Saya tidak setuju karena kuatir kualitas ASI menurun.

Semakin cepat puput lebih baik. Mungkin karena si bayi risi, ada yang mengganjal bila belum puput. Ditengkurapkan pun lebih rileks perutnya. Mungkin.

Menurut analisis abal-abal dari saya, tali pusar itu sumber makanan si bayi ketika baru lahir. Teringat kata bidan, bayi baru lahir 3 hari tidak diberi makan atau minum tidak apa-apa. Jadi, seandainya ASI bayi baru lahir baik, maka tidak perlu mengambil cadangan makanan dari pusarnya. Semakin lama pula puputnya. Cadangan di pusar tidak diserap-serap. Sekali lagi, ini abal-abal.

Malika puput setelah 17 hari, tepat 17 Agustus 2012. Sebetulnya, ndak penting juga kapan tanggal puputnya, selain iseng dan bisa jadi bahan omongan suatu saat nanti, hohoho!

Categories: Malika
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s